Ada apa dengan Kemitraan bidan dengan dukun ?

Posted: 30/09/2012 in Info Program dan Kegiatan
Tag:

Merupakan bentuk kerja sama yang saling menguntungkan antara bidan dengan dukun. Diharapkan seluruh pertolongan persalinan ditangani oleh tenaga kesehatan yang mempunyai kemampuan dan keterampilan kompeten dalam pertolongan persalinan dengan tetap melibatkan dukun pada kegiatan yang terbatas dan tidak membahayakan ibu dan bayinya.
Tujuan Kemitraan Bidan dengan Dukun adalah menggeser peran dukun bayi dalam pertolongan persalinan sebagai mitra bidan, yang semula sebagai penolong persalinan menjadi kegiatan perawatan bayi dan ibu setelah persalinan.
Salah satu daerah yang telah berhasil melaksanakan kegiatan Kemitraan bidan dengan Dukun adalah Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan. Pada tahun 2007, sebanyak 45 sanro pammana (dukun bayi) mengikuti Pelatihan Kemitraan Bidan dengan Dukun. Para dukun bayi tersebut berasal dari dua kecamatan percontohan, yaitu Kecamatan Polongbangkeng Utara dan Galesong Selatan. Pelatihan ini juga diikuti oleh 17 bidan desa dan bidan Puskesmas serta pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s